Wednesday, December 3, 2008

Monitor Bandwidth dengan BandwidthD di Ubuntu

Sebenarnya banyak sekali tool yang bisa dipakai untuk monitoring jaringan, sebutlah MRTG dan SARG (monitoring squid).

Kalo MRTG (Multi Router Traffic Grapher) adalah suatu program aplikasi penampil data dalam bentuk angka/grafik HTML, yang memanfaatkan port SNMP. Data yang dimaksud bisa berupa trafik bandwidth yang keluar/masuk suatu device, statistik suatu program aplikasi dan lain-lain.

Sedangkan SARG (Squid Analysis Report Generator) merupakan bagian dari webmin tool yang melaporkan hasil analisa prilaku dari squid, yang diambil dari file log-nya (/var/log/squid/access.log : klo di ubuntu).

Sebagai awal saya pilih bandwidthD karena instalasinya gampang, apalagi di Ubuntu, heeee ...

BandwidthD menampilkan akumulasi pemakaian bandwidth suatu jaringan TCP/IP selama periode tertentu dengan bentuk tabel/angka/grafik dalam format HTML.

Grafik yang ditampilkan berdasarkan alamat IP masing-masing yang berada dalam jaringan yang dimonitor.

Dari tabel IP yang dimonitor, dapat dilihat hostname dari IP tersebut (jika terdapat Name Server yang dapat meresolve IP tersebut), total bandwidth yang digunakan (sent/receive), pemakaian tcp, udp, icmp, http, p2p, vpn, semuanya dapat dilihat.


BandwidthD memerlukan librari libpcap, libgl, dan libpng, jadi pastikan librari tersebut telah terinstall di komputer Anda.


Output dari BandwidthD dapat dibuat statik (dalam periode tertentu, setiap 200 detik, memperbaharui halaman HTML dan gambar PNG yang telah dibuat), dan dinamis (variabel data dimasukkan dalam database, kemudian ditampilkan berdasarkan kueri yang kita inginkan melalui program PHP). Tampilan yang dihasilkan, secara garis besar adalah sama, hanya saja jika dengan format dinamis, kita dapat menampilkan laporan berdasarkan filter-filter tertentu, mencari alamat IP tertentu, dan lain-lain.


Instalasi

Karena BandwidthD sudah dimasukkan dalam paket di Repositori Ubuntu, maka pastikan setting repo anda sudah benar.

$ sudo apt-get install bandwidthd

Tinggal tunggu aj, sampai proses instalasi selesai. Trus kita edit file konfigurasi nya di /etc/bandwidthd/bandwidth.conf

$ sudo nano /etc/bandwidthd/bandwidthd.conf

....
subnet 10.10.10.0/24 ==>
subnet dari network yg akan di monitor
....
dev "eth0" ==>
interface yang dipakai oleh network
....
htdocs_dir "/var/lib/bandwidthd/htdocs" ==>
direktori output html bandwidthD

Klo tdk ada yg error, ya pasti jalan, jalankan saja daemon nya :

$ sudo /etc/init.d/bandwidthd start
Starting BandwidthD: bandwidthd.

OK deh tinggal setting webnya, karena direktori output html nya ada di "/var/lib/bandwidthd/htdocs", kita perlu buat sebuah direktori di root direktori apache2 yang akan kita link-kan ke diroktori "/var/lib/bandwidthd/htdocs".

$ sudo mkdir /var/www/bandwidthd/
$ sudo lndir /var/lib/bandwidthd/htdocs/ /var/www/bandwidthd/

Trus kita buka di browser : http://localhost/bandwidthd/ hasilnya :


Selamat mencoba .....

Related Post :