Tuesday, January 13, 2009

Firewall di BlankOn (2); Mengatur Koneksi Client

Mengatur koneksi client yang diijinkan mengakses ke server dapat dilakukan dengan menggunakan iptable, namun dengan sedikit kreativitas kita bisa mengemas perintah2 tersebut dalam sebuah bash script, sehingga sangat mudah digunakan.

Hasilnya seperti ini :

Seperti pembahasan yang lalu (filewall 1), dengan mengaktifkan firewall yang sudah kita buat berarti hanya komputer dengan IP Address 10.10.10.50 - 10.10.10.54 yang diijinkan akses ke server.


Jika kita ingin menutup secara khusus koneksi IP Address ke server, bisa menggunakan perintah :

$sudo koneksi 0 51 >> menutup koneksi IP Address 10.10.10.51; 0 menunjukkan menutup koneksi

Kita cek hasilnya dengan firewall status atau koneksi status, terlihat IP Address 10.10.10.51 sudah tidak terdaftar lagi.


Jika kita ingin membuka secara khusus koneksi IP Address ke server, bisa menggunakan perintah :

$sudo koneksi 1 55 >> membuka koneksi IP Address 10.10.10.55; 1 menunjukkan membuka koneksi

Kita cek hasilnya dengan firewall status atau koneksi status, terlihat IP Address 10.10.10.55 sudah terdaftar.

Cukup gampang bukan ?
Buat aja file koneksi simpan di /usr/bin, nih dia scriptnya :

#berdasarkan $1 dan $2

case "$1" in

1)

echo "Buka koneksi khusus...."

#ip address add 10.10.10.x dev eth1
iptables -D FORWARD -s 10.10.10.0/24 -i eth1 -j DROP
iptables -A FORWARD -s 10.10.10.$2/32 -i eth1 -j ACCEPT
iptables -A FORWARD -s 10.10.10.0/24 -i eth1 -j DROP
;
;


0)

echo "Tutup koneksi khusus...."
#ip address del 10.10.10.x dev eth1
iptables -D FORWARD -s 10.10.10.$2/32 -i eth1 -j ACCEPT
;
;


status)

iptables -L -n | more
iptables -L -n -t nat | more
;
;


esac


Atau filenya bisa di download di sini.

Jangan lupa ubah file mode nya seperti script firewall (1).

Selamat mencoba, semoga sukses!

5 comments:

jasa paket wisata gunung bromo said...

Perjalanan wisata bromo midnight dari kota malang atau surabaya merupakan perjalanan wisata mengunjungi 4 destinasi wisata di gunung bromo, yaitu melihat matahari terbit di puncak penanjakan, pasir berbisik, padang savana dan kawah bromo. Kalau anda butuh jasa paket wisata bromo midnight dengan harga yang murah dan fasilitas lengkap klik artikel ini.

alamat kantor sewa mobil hiace di malang batu said...

Mobil hiace merupakan mobil penumpang yang tergolong mewah karena memang sangat nyaman dikendarai. Penyedia jasa sewa mobil hiace di malang batu sangat sedikit karena mobil ini memang harga belinya lumayan sangat mahal. Harga rental mobil hiace di kota malang batu berkisar antara 850.000 sampai 1 juta rupiah per hari tergantung rute perjalanan. Jika ingin booking sewa mobil hiace di malang batu klik info blog.

nomor telepon sewa mobil di surabaya said...

Jalan-jalan ke surabaya yuk? Kami akan menyediakan transportasi di surabaya bagi anda yang sedang butuh kendaraan saat berada di kota surabaya jawa timur. Armada rental mobil surabaya jawa timur di tempat kami sangat lengkap. Anda bisa memilih avanza, xenia, ertiga, innova, elf short, elf long, hiace, fortuner dan masih banyak lagi. Untuk tarif rental mobil surabaya di tempat kami baca link berikut.

kantor sewa mobil hiace di jogja termurah said...

Toyota hiace merupakan kendaraan favorit para wisatawan di jogja. Banyak dari pendatang yang berkunjung dengan menyewa mobil hiace di jogja. Meskipun harga rental mobil hiace jogja lumayan cukup mahal, tapi mobil ini sangat nyaman dikendarai dan bisa memuat hingga 15 orang. Perjalanan wisata jogja anda akan terasa berkesan dan terpuaskan. Tarif harha sewa mobil hiace di jogja info lengkap disini.

tips mencari rental mobil murah di bali said...

Tarif harga rental mobil di bali dengan jenis kendaraan avanza atau xenia sangat murah dan cocok untuk kantong traveller, yaitu hanya dipatok dengan tarif 375.000 rupiah untuk full day. Pemakaian bisa dari jam 6 pagi sampai jam 11 malam. Driver yang disediakan juga sangat ramah dan professional serta lancar berbahasa inggris. Berminat melakukan rental mobil avanza di bali baca lengkapnya disini.

Related Post :