Saturday, January 3, 2009

Transparent Proxy di BlankOn Meuligoe

Agak susah juga klo kita pakai proxy, karena di tiap browser harus kita set. Agar gak ribet coba pakai Transparent Proxy.

Transparent proxy merupakan suatu teknik agar Squid Proxy menjadi transparent atau tidak terlihat, maksudnya jika biasanya kita memasukkan alamat proxy pada setiap browser (firefox, etc..), jika transparent proxy diterapkan maka pada browser tidak perlu kita memasukkan alamat proxy kita.Sebelum memasukkan perintah transparent proxy pada squid, maka kita harus melakukan perintah iptable agar dapat meredirect port yang ada pada komputer client. Maksudnya jika squid kita set pada port 3333, maka permintaan client yang umumnya internet itu berada pada port 80 maka kita harus meredirect port 80 dari client tersebut ke port proxy kita yang berada pada port 3333, begitu juga untuk port 443 untuk secure http.

Agar transparent proxy dapat diterapkan, maka kita harus mengaktifkan Ip Forwarding dengan memberikan nilai 1 pada file “/proc/sys/net/ipv4/ip_forward” dengan cara :

# sudo echo 1 > /proc/sys/net/ipv4/ip_forward

Tetapi perintah tersebut harus kita jalankan auto startup, agar jika komputer squid mati kita tidak perlu repot2 menjalankan perintah tersebut secara terus menerus. Tutorial yang ditulis oleh M Furqon T dan davidnakoko dapat kita jadikan pedoman untuk melakukan hal ini.Berikutnya kita harus menjalankan ip_tables agar client dapat meredirect port squid server kita dengan perintah :

# sudo iptables -A PREROUTING -t nat -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3333
# sudo iptables -A PREROUTING -t nat -p tcp --dport 443 -j REDIRECT --to-port 3333

Hal penting!

Ubah setting squid.conf :

http_port 3333

menjadi

http_port 3333 transparent

Kemudian restart proxy dengan perintah :

# sudo squid -k reconfigure

Ato klo ribet karena kita harus menuliskan perintah itu jika kita ingin memakai Transparent Proxy, bisa buat file bash script yang tinggal kita panggil sewaktu waktu kita butuh. Contohnya bisa didownload di sini.

4 comments:

rotyyu said...

Hore...
pengguna BlankOn bertambah lagi.....

Lutfi Muntaha said...

@ Rotyyu
Yah mudah2an pengguna BlankOn tambah marak ....

Anonymous said...

@ Mas Lutfi
1. ini untuk squid for linux / windows?
2. mau tanya juga, topologi saya : modem==>nic1(server)nic2=>hub=>client
gimana seting port 9339 utk game, agar client juga bisa main, padahal di server bisa

trims

modifikasi motor yamaha vixion said...

pokoknya keren lah. kalo makin banyak mah

Related Post :