Tuesday, June 2, 2009

BING; Mesin Pencari Keluaran Microsoft

Mungkin terinspirasi oleh kesuksesan Google sebagai Search Engine terfavorit di dunia, Microsoft juga mencoba mengeluarkan produk serupa, BING. Beralamat di www.bing.com, Microsoft berusaha menampilkan fitur-fitur baru yang tidak dipunyai oleh Google.

Pertama kali kita mengunjungi BING, otomatis akan digiring ke regional sesuai dengan setting di komputer, ada perbedaan antara regional Indonesia dengan US-English.





Untuk pencarian versi Indonesia belum lengkap, hanya ada Web, Image, News dan More yang didalamnya ada xRank. Apabila Anda ingin mencoba fitur Bing yang lengkap bisa mencoba pencarian versi United States silakan klik tulisan Indonesia di pojok kanan atas. Akan terbuka halaman pilihan negara. Klik di US-English, tepatnya di kanan bawah.



Menu yang tersedia antara lain adalah:

  • Web, untuk mencari halaman website.
  • Images, untuk mencari gambar.
  • Videos, untuk mencari video.
  • Shopping, untuk mencari, membandingkan dan membeli belanjaan.
  • News, mencari tahu berita.
  • Maps, mencari lokasi dan bagaimana cara mencapainya.
  • xRank, untuk mengetahui apa yang paling banyak dicari saat ini.
  • Travel, mengetahui hotel dan rencana membokingnya.

Anda bisa melakukan pencarian advance atau tingkat lanjut dengan mudah. Jika di Google harus mengisi manual maka di Bing ada menu untuk mempermudah menambahkan query atau kode. Di bawah kotak pencarian klik Advance (tidak muncul di menu utama, muncul setelah melakukan pencarian), maka nanti akan keluar menu untuk pengaturan pencarian lebih lanjut.


Untuk pencarian images, BING memberikan kemudahan untuk mencari images sesuai dengan parameter size, layout, colour, style dan pople.


Hal yang paling menghebohkan adalah fasilitas pencarian video, dengan mudah kita bisa mencari video sesuai dengan kata kunci yang kita berikan dan parameter length, screen size, resolution dan source Hal ini banyak menyulut pro dan kontra, karena dengan mudahnya kita bisa mendapatkan video porno bahkan menjalankannya di browser.


Hal terbaru yang juga tidak dimiliki oleh Google adalah muncul preview jika mouse kita tahan salah satu hasil pencarian.


BING memang menjanjikan hal yang lebih baik, tapi Google lebih dulu membudaya bahkan lebih dari itu, di dunia maya search engine sangat identik dengan Google. Mampukah BING menandingi Google ? kita tunggu hasilnya.

0 comments:

Related Post :