Wednesday, August 19, 2009

Jelang Ultah ke-10, Blogger.com Siapkan Hadiah Khusus

SAN FRANSISCO - Sebelum Facebook meledak dan Twitter digandrungi, pengguna dunia maya terlebih dahulu mengenal blog, bahkan asal muasal Twitter, bermuara dari blog. Dan bagi sebagian besar orang, pasti tidak bisa melupakan Blogger.com, sebagai platform blogging terbesar di dunia.

Nanti, pada Minggu 23 Agustus 2009, Blogger.com ternyata genap berusia 10 tahun. Ya, tepat saat Perang Kosovo berkecamuk, Evan Williams, salah satu pendiri Blogger.com meluncurkan produknya itu ke seluruh dunia. Dalam perjalanannya, platform ini pun terus berkembang, sampai di tahun 2003, Google mengakusisi Blogger.com.

Seperti yang dilansir Techcrunch, Rabu (19/8/2009), tim Blogger dari Google, akan merayakan hari istimewa tersebut dengan memberikan hadiah kepada pengguna setia Blogger.com, berupa fitur-fitur khusus yang baru. Belum diketahui apa fitur tersebut, karena memang sifatnya yang rahasia. Namun yang jelas, fitur tersebut, bakal lebih nyaman dari Wordpress, dan untuk menyaingi situs mikroblogging Twitter.

Terkait dengan Twitter, ternyata persaingan mereka tidak hanya bermula dari konsep Twitter yang mengadopsi blog saja, melainkan juga dari sisi sejarah berdirinya layanan blog mini tersebut. Dulu, pendiri Twitter Biz Stone pernah bekerja bersama Williams di tim Blogger.com, saat situs tersebut diakusisi Google.

Namun, setahun kemudian, tepatnya tahun 2004, Stone keluar dari Blogger.com, yang kemudian mendirikan Obvious Corp, cikal bakal berdirinya Twitter. Seperti diketahui, antara Blogger dengan Twitter terlibat persaingan yang sengit, seiring dengan pertumbuhan pengguna Blogger.com yang semakin tergerus.

Berkurangnya jutaan pengguna Blogger.com, ditenggarai karena banyak pengguna situs tersebut beralih ke Wordpress.com dan Twitter. Tentu saja, Stone, menjadi salah satu orang yang bersalah dalam peristiwa ini.

Kendati demikian, Blogger.com tetap dicintai penggemarnya. Sebagai bukti, hingga satu dasawarsa tetap menjadi pilihan utama penulis di dunia maya.
Sumber : Techno - Internet okezone.com

0 comments:

Related Post :