Wednesday, August 12, 2009

Menggunakan Free Proxy Dengan PhProxy di Firefox

Sedih juga kalo punya internet dengan kecepatan lumayan tapi aksesnya terbatas. Hal itu juga terjadi di tempat kerjaku, kebijakan untuk memblok beberapa situs yang dianggap tidak terlalu penting di institusi pendidikan. Walaupun aku tidak bisa menyalahkan kebijakan itu, namun saat aku membutuhkan akses ke situs-situs tersebut (misalnya YouTube dan Indowebster) yang menurutku tidak selalu berurusan dengan pornografi atau pembajakan.

Akhirnya aku mencari cara agar bisa melewati itu, salah satunya dengan memanfaatkan Free Proxy. Cara kerja Free Proxy cukup sederhana, kita mengirimkan permintaan akses ke server proxy untuk membuka situs tertentu yang diblok, kalau kebetulan sudah tersimpan di cache proxy maka halaman page langsung dibuka, kalau belum maka server proxy yang akan mendownloadkan halaman page tersebut untuk kita, firewall hanya mengetahui bahwa kita mengakses server proxy, lain lagi kalo free proxy itu juga diblok oleh firewall. Tapi kita bisa dengan mudah mencari free proxy lain yang cukup banyak ditemui.


Berbicara tentang free proxy, Mozilla firefox sudah memberikan kemudahan dengan add on (penggaya) PhProxy (PhZilla) yang sudah dilengkapi dengan beberapa server free proxy.


Caranya cukup mudah, tinggal install add on PhZilla di firefox yang anda gunakan, dan restart firefox. Kalau instalasi berhasil maka di pojok bawah firefox akan muncul icon PhZilla seperti huruf P dalam lingkaran berwarna biru

Cara membuka situs dengan PhZilla :


  1. klik kanan di link yang mau dibuka, pilih open by PhProxy



  1. kalau ingin membuka dihalaman kosong, ketikkan alamat situs atau url yang mau dibuka di address bar, copy url biarkan halaman web kosong tersebut terbuka, klik kanan di icon PhZilla di pojok kanan bawah, pilih secure paste and open.



  1. Kalau ingin mengubah server proxy, klik kanan di icon PhZilla di pojok kanan bawah, pilih change PhProxy server dan pilih salah satu server proxy yang kita inginkan.



  1. tanda kalau situs sedah berhasil dibuka menggunakan PhZilla, di address bar ada awalan PH:: sebelum alamat situs.



Saya menggunakan server proxy di http://us1.browser.web.id lumayan cepat untuk membuka YouTube dan Indowebster.


Selamat mencoba …..

4 comments:

Anonymous said...

wah.. ini kan tulisan saya bro. jiplak nih.. :(

Lutfi said...

@Anonymous .... haha, terimakasih pean merasa telah menjadi inspirator, tapi sy kira banyak tulisan ttg phProxy d internet. dan untuk yg ini sy tulis berdasarkan pengalaman, bahkan pict-nya aseli dr kompie saya. skali lagi trims boz ....!

Anonymous said...

thanks bos, info yang sangat berguna sekali..

Cara Download YouTube di Android said...

Lebih cepat dan simple daripada harus setting manual ini ya? Nice share Mas. Salam kenal :)

Related Post :