Wednesday, October 7, 2009

Pengaturan Bandwidth Internet dengan HTB Tools di Ubuntu

Untuk mengatasi rebutan bandwidth internet antar client dibutuhkan pembagian bandwidth, bisa dibayangkan jika tanpa pembagian bandwidth, jika satu cilent saja download menggunakan addons Downthemall milik mozilla firefox saja yang hanya bisa memecah proses download maksimal 10 part (1 client download dianggap ada 10 client melakukan permintaan download secara bersama), maka habislah bandwidth disedot oleh 1 client saja. Apalagi dengan menggunakan download accelerator yang lain (getRight, IDM, DAP) yang bisa memecah proses download sampai 100 part. Untuk urusan bandwidth management (pembagian bandwidth) ini aplikasi yang cukup mudah digunakan di lingkungan Linux adalah HTB Tools.

Karena saya menggunakan Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope, maka saya akan sedikit sharing tentang instalasi HTB Tools di Ubuntu 9.04 Jaunty Jackalope.

Pertama download paket HTB Tools terbari di http://htb-tools.skydevel.ro/download.php, saya menggunakan HTB-tools-0.3.0a-i486-1.tgz


ekstrak file nya, dengan perintah
$sudo tar -zxvf HTB-tools-0.3.0a-i486-1.tgz

Hasilnya akan muncul folder etc, install, sbin dan usr di /home/user/. Pindahkan isi semua folder $sbin nya HTB tools di /sbin server dengan perintah :

$sudo mv /home/user/sbin/htb /sbin
$sudo mv /home/user/sbin/htbgen /sbin
$sudo mv /home/user/sbin/q_checkcfg /sbin
$sudo mv /home/user/sbin/q_parser /sbin
$sudo mv /home/user/sbin/q_show /sbin

Pindahin folder htb di /home/user/etc ke /etc nya server dengan perintah :

$sudo mv /home/user/etc/htb /etc

Ubah nama file yang ada di /etc/htb dengan menghilangkan kata new dengan perintah :
$sudo mv /etc/htb/eth0-qos.cfg.new /etc/htb/eth0-qos.cfg
$sudo mv /etc/htb/eth1-qos.cfg.new /etc/htb/eth1-qos.cfg

Pindahkan file /home/user/etc/rc.d/rc.htb.new ke /etc/init.d/ dan ubah nama filenya menjadi rc.htb dengan perintah :
$sudo mv /home/user/etc/rc.d/rc.htb.new /etc/init.d/rc.htb

Ubah permision rc.htb agar bisa di eksekusi dengan perintah :
$sudo chmod 755 /etc/init.d/rc.htb

Mulai konfigurasi eth0-qos cfg dan eth1-qos cfg sesuai kebutuhan, Jika interface yang berhubungan langsung dengan client adalah eth1 maka yang kita konfigurasi eth1-qos cfg.
$sudo nano /etc/htb/eth1-qos.cfg

-- contoh konfigurasi --

# Pengaturan bandwidth warnetku
class LAN_1 {
bandwidth 384;
limit 384;
burst 2;
priority 1;
que sfq;


client pc1 {
bandwidth 64;
limit 128;
burst 2;
priority 1;
src {
192.168.1.2/32;
};
};

client pc2 {
bandwidth 64;
limit 128;
burst 2;
priority 1;
src {
192.168.1.3/32;
};
};

client pc3 {
bandwidth 64;
limit 128;
burst 2;
priority 1;
src {
192.168.1.4/32;
};
};

client pc4 {
bandwidth 64;
limit 128;
burst 2;
priority 1;
src {
192.168.1.5/32;
};
};

client pc5 {
bandwidth 64;
limit 128;
burst 2;
priority 1;
src {
192.168.1.6/32;
};
};

client admin {
bandwidth 64;
limit 128;
burst 2;
priority 1;
src {
192.168.1.1/32;
};
};


};

Kalau konfigurasinya benar makan HTB Tools sudah bisa dijalankan, jalankan HTB Tools nya dengan perintah :
$sudo /etc/init.d/rc.htb start_eth1

Kalau ingin HTB Tools tersebut bisa langsung dijalankan saat booting (komputer baru dinyalakan), tambahkan baris perintah tersebut di file /etc/rc.local

Kalo mau lihat hasilnya jalan trafic nya bisa dilihat dengan perintah :
$sudo /etc/init.d/rc.htb show_eth1


Kalo mau mematikan HTB Tools dengan perintah :
$sudo /etc/init.d/rc.htb stop_eth1


Selamat mencoba, semoga sukses

23 comments:

Apin Prastya said...

Kalo mau memanajemen bandwith berdasarkan waktu gimana pak???
Terimakasih.

Lutfi said...

coba deh pake htbinit, bisa dilihat di http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Bandwidth_Manajemen_Menggunakan_HTB

di situ ada parameter waktunya ....

Apin Prastya said...

Setelah sebentar baca yang htbinit, ternyata emang bener2 rumit. SAya tunggu aja tulisan dari P Lutfi aja mengenai htbinit.

Anonymous said...

pak saya udah nyeting HTB Tools dan alhamdulillah sukses,,trus pas sy liat trafic'nya di
/etc/init.d/rc.htb show_eth1
yg kluar ko cm trafic di laptop sy, sedangkan trafic pnya'nya kompi yg laen ko g muncul,,??kira2 ap'nya Y pak,,??mohon pencerahan'nya,,

Lutfi said...

@Animonim : Pertama pastikan eth1 itu adalah eth yg terkoneksi ke client, trus lihat settingan IP di /etc/htb/eth1-qos.cfg, pembagian bandwidth itu bisa per host (IP host X.X.X.X/32) bisa juga per network (network X.X.X.0/24 sesuai sbnet network anda). Silahkan dicek apakah setting IP anda sudah benar ...

Terima kasih

Anonymous said...

Bagaimana kalau pembagiannya menggunakan MAC address client.
Bisa nggak ya?

Anonymous said...

mas lutfi
apa bedanya htb tool dengan webhtb terus klo dah terlanjur terinstall bagaimana cara uninstall nya mas.
cara uninstall program pada ubuntu server 8.10
Adrian

Lutfi said...

webhtb hampir sama dg htbtools, cuman webhtb ada tampilan webnya (web interface). saya blm pernah coba webhtb, tp saya baca referensi webhtb untuk pembuatan interface, class dan clients-nya bisa lewat web interface. instalasi htbtools dan webhtb hanya copy file, so untuk remove delete aj file-nya

phitoosh said...

biar auto star kodenya yang mana di taruh nieee

Lutfi said...

@phitoosh, ya yg start boz ...!

sudo /etc/init.d/rc.htb start_eth1

Anonymous said...

mas lutfi saya dah coba langsung delete dan remove file dan directorynya tapi ga bisa mas service dah di stop dicoba langsung delete melalui winscp berhasil ke delete tapi pas check langsung di servernya masih ada datanya. untuk memastikannya saya coba buka langsung data yg sdh saya delete melalui winscp dibuka dengan pico di server, ternyata data itu masih ada mas.
akhirnya saking keselnya saya timpa lagi aja tuh data webhtb dengan webhtb lagi dengan download source yg sama dan versi yg sama juga.
yg saya takut kan apakah nanti akan ada efek tersendiri kebelakngnya mas atas ulah saya menimpa data yg sudah ada itu mas
mohon pencerahannya mas.
Adrian

Lutfi said...

@Adrian, sebenarnya ga masalah kok walaupun webhtb itu ga d remove. krn webhtb tidak menjadi service, nah pastikan saja servicenya tdk auto-start. Untuk remove forder webhtb, kalau diinstal di Karmic Koala, kayaknya forder tersebut set ownernya ke user root dan www-data. coba aja pke ssh n pake sudo.

phitoosh said...

kalau tambah webhtb kira2 gimana saya udah instal htbtoolnya sih dah lancar ... jadi pengen lihat tampilan webnya pake htb tool karna setting mrtg gagal oi

Anonymous said...

tepat sekali mas lutfi webhtb memang set owner foldernya tinggal folder tersebut diberi permit agar bisa di akses oleh apache.
sekarang problem resolv semua mas
terimakasih atas pencerahan dan kesabarannya membaca dan menjawab permasalahan saya mas
sekali lagi terimakasih banyak
Adrian

Lutfi said...

@phitoosh monggo di coba massss

Lutfi said...

@Adrian .. sama2, sharing ya klo sedang coba hal2 baru ... trimakasih

Anonymous said...

@ mas lutfi
mas kayanya semua yg bakalan saya coba mungkin mas Lutfi sdh coba.
sekarang ini saya lagi coba ngoprek postfix, bikin folder sharing, dan firewall menggunakan ipaddress + macaddress pada iptablesnya.
untuk postfix sdh berhasil mas folder sharing sudah tinggal firewall masih ada yg mau dioprek blum sreg dihati.
hehehe kellihatan serakahnya yah mas, 1 belum dikuasai dah ngoprek2 yg lain...
wismilak mas???
Adrian

syairku said...

interface saya yang terhubung ke LAN adalah eth2 dengan ip alias eth2:0..
mohon pencerahannya gmn..

Anonymous said...

pak saya mau tanya,,
untuk konfigurasi htb udah berjalan,ketika di start ok.
tapi ketika di show kenapa yang tampil hanya client 1 aja ya yang tampil... client lain nya enggak tampil...

Tobiel Madas said...

Ingin jalan-jalan ke taman nasional baluran di kota banyuwangi? silahkan pesan paket wisata taman nasional baluran dan sekaligus ke wisata kawah ijen banyuwangi. Nikmati sensasi pemandangan ala afrika di taman nasional baluran dan pesona api biru di kawah ijen yang sungguh sangat mempesona saat dipandang oleh mata. Baca selengkapnya tentang wisata apa saja di taman nasional baluran banyuwangi di link berikut ini.

Butuh transportasi minibus di kota malang? seperti mobil avanza, xenia, ertiga, innova, elf atau hiace? Silahkan datang ke tempat jasa penyewaan mobil di malang di MADAS TRANS yang memiliki armada lengkap untuk menemani perjalanan anda di malang. Info nomor telepon rental mobil malang MADAS TRANS yaitu di nomor AS 085855958388. Untuk info paket rental mobil harga murah di malang baca artikel berikut.

Untuk harga rental mobil avanza, xenia atau ertiga di malang hanya dipatok dengan tarif 375.000 untuk full day dan 350.000 untuk 12 jam. Tarif biaya rental mobil malang tersebut sudah termasuk sopir tapi diluar biaya BBM, parkir dan uang makan sopir. Untuk info fasilitas lain yang akan anda dapatkan saat menyewa mobil di malang baca detail info disini.

Jika menggunakan mobil innova maka tarif akan bertambah 100.000 rupiah jika dibandingkan dengan mobil avanza atau xenia. Harga rental mobil kijang innova di malang yaitu 475.000 per hari diluar BBM, parkir dan uang makan sopir. Pastinya mobil innova yang digunakan adalah jenis keluaran terbaru. Info lengkap tentang rental mobil innova di malang klik detail info.

Penyediaan jasa sewa mobil di kota surabaya sangatlah banyak karena kota surabaya merupakan kota besar di Indonesia dan merupakan kota terbesar yang ada di Jawa Timur. Penyedia jasa sewa mobil di surabaya saling bersaing antar yang satu dengan yang lainnya. Harganyapun terus bersaing dengan ketat. Untuk info harga standart sewa mobil di surabaya baca blog ini.

Tobiel Madas said...

Jika butuh sewa mobil di surabaya yang dekat dengan bandara juanda sekarang sudah tidak sulit lagi. Banyak kantor tempat jasa rental mobil surabaya yang berjarak dekat dengan Bandara Juanda Surabaya. Perjalanan antar tempat sewa mobil surabaya MADAS TRANS dan JUANDA hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. Info jenis mobil apa saja yang disewakan di MadasTrans baca tautan ini.

Jika ada urusan pekerjaan ke kota surabaya dan Anda membutuhkan jasa rental mobil yang akan mengantarkan dan menemani perjalanan kerja anda maka silahkan hubungi kami rental mobil harga termurah di kota surabaya. Semua sopir di tempat kami sudah hafal seluk beluk kota surabaya. Jadi anda tidak perlu khawatir saat menggunakan jasa rental mobil kami yang berkantor di surabaya. Baca selengkapnya sewa mobil surabaya dan rental mobil murah di kota surabaya disini saja.

Jalan-jalan di kota jogja yuk? Kami siap membantu menyediakan sewa mobil murah di jogja dengan pelayanan yang maksimal dan tentunya sopir yang juga profesional. Harga sewa mobil kami hanya 375.000 dan merupakan yang termurah di kota jogja. Kami siap mengantarkan anda ke berbagai tempat tujuan di Yogyakarta. Baca info sewa mobil murah di jogja dan rental mobil di jogja link blog ini.

Ingin berwisata ke gunung kidul jogja? Kami dari MADAS TRANS siap melayani paket wisata gunung kidul jogja. Baik untuk perorangan, kelompok atau gathering perusahaan. Selain menyediakan paket wisata gunung kidul jogja, kami juga menyediakan jasa sewa mobil murah di kota jogja dengan pelayanan standart pariwisata. Tentunya harga jasa rental mobil jogja kami lebih murah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Info harga sewa mobil jogja dan rental mobil harga murah di jogja baca web kami.

MADAS TRANS merupakan perusahaan jasa sewa mobil yang berkantor di jogja, surabaya dan kota malang. Kantor sewa mobil di jogja kami merupakan yang terbesar karena persediaan armada sewa mobil di jogja tersebut sangat banyak dan lebih banyak jika dibandingkan dengan 2 kota yang ada di jawa timur tersebut. Info rental mobil di jogja dan harga sewanya bisa baca blog kami.

Travel Surabaya Malang said...

memahami ubuntu memang lumayan rumit ya mas

Sewa Mobil Malang said...

terimakasih banyak mas untuk informasinya

Related Post :