Wednesday, November 18, 2009

Tombol Shift Mati Setelah Install Ubuntu 9.10 Karmic Koala

Berhari-hari setelah komputer saya install Ubuntu 9.10 Karmic Koala, tombol shift mati (tidak berfungsi). beberapa aktifitaspun terganggu yang salah satunya tidak bisa menulis alamat email (tidak bisa mengetik karakter @), sangat menjengkelkan.

Tanya kesana-sini, ada beberapa yg menyarankan mengubah keyboard model menjadi generic di System - Preferences - Keyboard. Setelah saya coba hasilnya nihil.

Akhirnya search sana-sini di internet ketemu juga jawabannya di sini. Di Ubuntu Karmic Koala, beberapa fitur compiz otomatis diaktifkan salah satunya adalah key binding yaitu memanfaatkan beberapa tombol keyboard untuk menjalankan animasi compiz. Khusus kasus saya, tombol shift digunakan untuk mengaktifkan fitur slow animations, hal ini bisa dilihat dengan menggunakan CompizConfig Setting Manager, kalau yang belum terinstall, silahkan install dulu bisa lewat terminal atau Synaptic Package Manager.



Seharusnya key binding itu berupa kombinasi dua tombol yang ditekan secara bersamaan, tapi entah ini kesalahan system atau apa untuk Slow Animations hanya menggunakan tombol tunggal yaitu Shift. Jadi secara otomatis jika kita menekan tombol Shift berarti mengaktifkan fitur Slow Animations bukan untuk mencetak karakter yang berada di atas tombol angka.

Maka satu-satunya jalan adalah men-disable key binding untuk Slow Animations atau menggantinya dengan kombinasi dua tombol yang lain. Karena saya tidak terlalu tertarik animasi Compiz, saya matikan saja key binding ini dengan cara menghilangkan tanda centang enable di jendela Edit Slow Animations.




Beres deh .... tombol shift-ku kini kembali.

Related Post :