Monday, December 14, 2009

Setelah Install Open SUSE 11.2 Boot Loader Ubuntu 9.04 Error

Mungkin ini hukuman bagi orang yang doyan selingkuh, setelah ikrar sehidup semati dengan Ubuntu masih juga melirik kemolekan OpenSUSE.


Hal tersebut benar-benar terjadi, setelah sekian lama mengandalkan Ubuntu sebagai pahlawan Sistem Operasi, saya sedikit tergoda melihat kemolekan OpenSUSE, untuk mengobati rasa penasaran akhirnya dipersandingkan juga Ubuntu 9.04 dengan OpenSUSE 11.2.


Dan malapetaka itupun terjadi, setelah install Open SUSE 11.2 boot loader Ubuntu 9.04 error, Ubuntu 9.04 load error. Yang terbersit adalah Open SUSE 11.2 tidak menyalin dengan benar boot loader Ubuntu 9.04, dan saya harus memperbaiki secara manual konfigurasi grub Open SUSE 11.2


Langkah-langkah di bawah ini bisa dicoba.





gambar di atas adalah konfigurasi menu.lst Ubuntu 9.04





Copykan boot loader Ubuntu 9.04 ke dalam grub OpenSUSE dan tambahkan baris :


root (hd0,0)


'hd0' menunjukkan hardisk yang dipakai, '0' menunjukkan urutan partisi tempat Ubuntu 9.04 diinstall dengan hitungan dimulai dari 0 (partisi ke-1 ditulis urutan 0).


Atau menggunakan fasilitas YaST2, klik start – Computer – YaST dan pilih System – Boot Loader, akan tampil seperti gambar di bawah :





Isikan Kernel Image, Initial RAM Disk dan Root Device sesuai dengan boot loader Ubuntu 9.04, khusus untuk Kernel Image dan Initial RAM Disk diawali dengan (hd0,0)/ seperti gambar di atas.

Nah ... Akhirnya Ubuntu n OpenSUSE ku bisa hidup berdampingan.

0 comments:

Related Post :