Friday, December 30, 2011

Karapan Sapi, Wisata Unggulan Madura

Karapan Sapi, pasti semua orang yang yang mendengar pasti berpikir tentang Madura. Iya benar karapan sapi memang budaya asli Madura dan karapan sapi dari dulu menjadi produk wisata unggulan yang dikenal sampai luar negeri. Karapan sapi sendiri merupakan lomba adu cepat sapi-sapi jantan yang dikendalikan oleh seorang joki. Karapan sapi di Madura menjadi populer karena keunikannya. Untuk lebih jelasnya saya mengulasnya dengan pengalaman dan bahasa sendiri tanpa literatur/sumber karena saya adalah putra asli Madura.


Istilah dalam Karapan Sapi
Karapan sapi atau dalam bahasa Madura "kerrabhen sapeh" merupakan lomba adu kecepatan lari dari dua ekor sapi jantan yang disatukan/ditautkan oleh  sejenis kayu pahatan yang disebut "pangonong". "Pangonong" sendiri menjadi satu dengan "kaleles" yang dijadikan tempat bagi joki atau disebut "tokang tongkok". Sedangkan untuk alat pacu digunakan alat yang terdiri dari sebatang kayu berpaku.

Karena karapan sapi adalah lomba adu cepat, tentu saja tidak sembarang sapi bisa dipilih. "Sapeh kerrab" demikian istilah untuk jenis sapi yang dijadikan tunggangan dalam karapan sapi dipilih berdasarkan keturunan, struktur tulang, jaringan otot dan lingkungan kesehatan. Sapeh kerrab harus diberikan jamu secara teratur minimal 1 minggu sekali berupa telur ayam kampung (10 - 25 buah telur) dan madu. Bahkan jika masa karapan sudah dekat, jamu diberikan tiap hari. Sapeh kerrap ini juga harus menjalani latihan rutin yang biasa disebut "ngetren". Karena perlakuan inilah untuk sapi jenis ini bisa berharga puluhan sampai ratusan juta.

Pangonong dan kaleles sebagai alat pengikat dua sapi dan tunggangan bagi tokang tongkok juga harus dipilih dari kayu pilihan yang kuat. Tidak jarang pangonong juga diberi ukiran untuk lebih mempercantik penampilan sapi. Pangonong dan kaleles bisanya juga dicat dengan warna kebanggaan pemilik, motif catnyapun bisa berupa ukiran yang menarik.

Tokang tongkok biasanya dipilih dari anak-anak yang tidak mempunyai berat badan lebih untuk menghindari beban bagi sapi. Tokang tongkok harus kuat dan mempunyai keseimbangan yang baik karena ia yang bertugas mengendalikan sapi dan memacu kecepatan sapi. Tokang tongkok memegang dua buah alat pacu batang kayu berukuran panjang sekitar 30 cm dan diameter 3-5cm yang sebagian ujungnya diberi lingkaran paku-paku sepangang 10-15 cm. Tujuan alat pacu ini adalah memberikan rasa sakit pada sapi agar bisa berpacu lebih kencang.

Karapan sapi dengan iringan musik 'saronen'

Hal menarik lain adalah karapan sapi ini dilengkapi dengan musik yang diberi nama "saronen" yang terdiri dari alat tiup seperti terompet lurus dan gong. Saronen ini yang biasanya mengiringi sapi dari rumah pemilik menuju arena karapan. Seragam pemain musik saronen yang nyentrik, bunyinya yang khas dan disertai tarian adalah tontonan menarik bagi masyarakat yang dilewati oleh iring-iringan sapeh kerrab.

Even Karapan Sapi
Event yang rutin bagi karapan sapi bisayanya diadakan secara teratur tiap tahun dan modelnya berjenjang, dari tingkat kecamatan, kawedanan, kabupaten sampai tingkat karesidenan (biasa disebut "gubeng" dengan memperebutkan pila presiden). Tapi biasanya ada event lain yang diadakan selain event-event tersebut diatak seperti :
1. event untuk memeperingati ulang tahun sebuat institusi seperti : Piala Kodim, pilala Kapolda, atau HUT daerah.
2. event khusus diadakan untuk menyambut tamu, atau disebut "kerrabhen sapeh onjengan" atau karapan sapi undangan.

Karapan Sapi dan Harga Diri
Yang lebih menarik dari karapan sapi adalah, bukan hadiah semata yang diincar oleh para pemilik sapeh kerrab, melainkan harga diri. Kalau dilihat dari hadiah, sudah jelas tidak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk membeli dan merawat sapi-sapi tersebut. Pemilik sapeh kerrab akan dianggap "jago" atau martabatnya dianggap tinggi jika sapi-sapinya menang. Oleh karena itu, pemilik sapeh kerrab umumnya adalah orang berduit dan bertujuan untuk mencari pengaruh seperti kepala desa atau klebun atau orang-orang terkaya di kampung.


Mungkin hal inilah yang membuat karapan sapi di Madura begitu spesial, walaupun di beberapa daerah juga ada karapan sapi sejenis, tapi struktur sosial masyarakat Madura yang membuat karapan sapi Madura ini begitu beda. Tidak salah jika jika karapan sapi Madura menjadi budaya unggulan Madura baik di dalam negeri ataupun di luar negeri.

(Sebagai kontribusi bagi Komunitas Blogger Madura, Blogger Nusantara dan IDBlogNetwork)

45 comments:

TIK FOSS SMANSAKWA said...

nice post pak, anak muda skrg hampir pasti tidak tahu istilah2 yg ada dalam karapan sapi.

Anonymous said...

Indonesia kaya akan budaya salah satunya karapan sapi di Madura,, penasaran ingin melihat karapan sapi ^_^

amethyst said...

Kerreenn pak... berapa ikut kerapan sapi??

Wahyu Alam said...

Waaa, banyak istilah baru. tapi yang tidak saya pikir, bagaimana mereka melatih tokang toju' itu ya? padahal kan masih kecil-kecil

Stalker said...

salam kenal tretan :)
saya orang bangkalan belum pernah nonton karapan sapi secara langsung :(

Lutfi said...

@TIK FOSS n @Anonymous ... kita yg tahu ini yg wajib ikut melestarikan

Lutfi said...

@amethyst hehe ... orang aj keren apalagi tulisannya. kok berapa?

Lutfi said...

@wahyualam, bukan tokang toju' tapo tokang tongko' hehehe ... latihan pertama biasanya pake pangonong n kaleles tanpa sapi dan d tarik oleh orang, klo sudah mulai seimbang baru pake sapi.

Lutfi said...

@stalker, salah satu cara ikut melestarikan adalah menonton secara langsung, seru sekali. klo aq dulu pas di sumenep lapangan arena karapan sapi deket rumah, so tiap ada karapan sapi pasti nonton.

salam kenal juga tretan!

IWAN SUMANTRI said...

Mantap mas tulisannya...sukses buat semuanya!

SlameTux said...

Semoga sukses ya pak... mudah-mudahan menang... :)

fazza said...

akhirnya pak lutfi membuat postingan juga...
kerpan sapi madura
semoga sukses pak...

Lutfi said...

@slametux n @fazza, ni bkn mo ikut lomba seox plat- m, tp sumbangsih u plat-m krn aq liat ga ad yg bener2 mengulas ttg karapan sapi skalian coba terapin ilmu dr mr fazza

joshap said...

Pak kenapa gak ikutkan sekalian lomba SEO plat-m,bagus loh dan blognya ada di PR yang bagus,kan gratis Pak,selain memberikan subangsing kepada madura dan juga mencoba kebruntungan,mgkn ja dapet android lagi pak,heheh,pak main2 dunk ke blog saya,hehhe http://joshap.com/2011/12/31/karapan-sapi-untuk-madura-untuk-indonesia/

pinsalabim said...

wahh bagus pak artikelnya.. . mampir-mampir ya ke blog saya..

Lutfi said...

@joshap, hehe masuk d page 3 ato 2 d google udah satu kepuasan, klo aq daftar kan malah nambah saingan
@pinsalabim, trims ntar aq mampir balik

joshap said...

ya gpp kan Pak,heheh,bagus loh artikelnya Pak luthfi, eman2 Pak, ini ja, saya naik trun..heheh

Lutfi said...

@joshap siplah ... ntar aq istikharah dlu, klo bisa menang akan aq daftarin, wkwkwkwkw

joshap said...

wah keren pak,blognya ada di page 3...mantab..karapan sapi untuk madura untuk indonesia

Lutfi said...

halah, keren gimana .. masih kalah sama punya-mu kok!

SlameTux said...

Tetap semangat pak...

Obat Tradisional Infeksi Telinga said...

Sangat bermanfaat, terimakasih infonya

Pengobatan Herbal Penyakit Kista Ovarium said...

terimakasih,sangat bermanfaat

Obat tradisional untuk penyakit mioma said...

terimakasih info yg bermanfaat

obat pembengkakan tiroid herbal said...

nica info..

villa 121 lembang said...

klo disana, selain pake sapi, kerbau juga suka dipake buat karapan kah ? karapan kerbau :D

Jual S Lutena said...

Bagus informasinya, semakin membuka cakrawala seputar wisata indonesia. And it's really cool Madura

Vimax ProExtender said...

artikelnya bagus sekali, saya tunggu update selanjutnya gan!!
vimax | pembesar penis | vimax original | vimax asli | vimax canada | vimax herbal | obat vimax | pembesar penis | vimax | vimax asli | vimax original | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis | penyubur sperma | obat kuat | viagra | proextender | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis | vmenplus | obat kuat | obat kuat | obat kuat | obat kuat | perangsang sex | perangsang sex | perangsang sex | perangsang sex | perangsang wanita | perangsang sex | perangsang sex | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis | pembesar penis | vakum payudara | pelangsing badan | alat sex pria | alat sex wanita

Toko Online said...

Kereen blognya :)
Artikelnya juga mantap

Anonymous said...

Terimakasih atas infonya,bermaanfaat,,silahkan simak blog baru saya dengan tema Tempat Wisata Di Bali

jasa penerjemah bahasa said...

salah satu wisata nyentrik di jawa timur khususnya di pulau madura. sayangnya belum dioptimalkan untuk mendatangkan wisatawan luar negeri dengan baik. artikel bagus om..

Tobiel Madas said...

Jika butuh sewa mobil di surabaya yang dekat dengan bandara juanda sekarang sudah tidak sulit lagi. Banyak kantor tempat jasa rental mobil surabaya yang berjarak dekat dengan Bandara Juanda Surabaya. Perjalanan antar tempat sewa mobil surabaya MADAS TRANS dan JUANDA hanya membutuhkan waktu 10 menit saja. Info jenis mobil apa saja yang disewakan di MadasTrans baca tautan ini.

Jika ada urusan pekerjaan ke kota surabaya dan Anda membutuhkan jasa rental mobil yang akan mengantarkan dan menemani perjalanan kerja anda maka silahkan hubungi kami rental mobil harga termurah di kota surabaya. Semua sopir di tempat kami sudah hafal seluk beluk kota surabaya. Jadi anda tidak perlu khawatir saat menggunakan jasa rental mobil kami yang berkantor di surabaya. Baca selengkapnya sewa mobil surabaya dan rental mobil murah di kota surabaya disini saja.

Jalan-jalan di kota jogja yuk? Kami siap membantu menyediakan sewa mobil murah di jogja dengan pelayanan yang maksimal dan tentunya sopir yang juga profesional. Harga sewa mobil kami hanya 375.000 dan merupakan yang termurah di kota jogja. Kami siap mengantarkan anda ke berbagai tempat tujuan di Yogyakarta. Baca info sewa mobil murah di jogja dan rental mobil di jogja link blog ini.

Ingin berwisata ke gunung kidul jogja? Kami dari MADAS TRANS siap melayani paket wisata gunung kidul jogja. Baik untuk perorangan, kelompok atau gathering perusahaan. Selain menyediakan paket wisata gunung kidul jogja, kami juga menyediakan jasa sewa mobil murah di kota jogja dengan pelayanan standart pariwisata. Tentunya harga jasa rental mobil jogja kami lebih murah jika dibandingkan dengan yang lainnya. Info harga sewa mobil jogja dan rental mobil harga murah di jogja baca web kami.

MADAS TRANS merupakan perusahaan jasa sewa mobil yang berkantor di jogja, surabaya dan kota malang. Kantor sewa mobil di jogja kami merupakan yang terbesar karena persediaan armada sewa mobil di jogja tersebut sangat banyak dan lebih banyak jika dibandingkan dengan 2 kota yang ada di jawa timur tersebut. Info rental mobil di jogja dan harga sewanya bisa baca blog kami.

Tobiel Madas said...

Ingin jalan-jalan ke taman nasional baluran di kota banyuwangi? silahkan pesan paket wisata taman nasional baluran dan sekaligus ke wisata kawah ijen banyuwangi. Nikmati sensasi pemandangan ala afrika di taman nasional baluran dan pesona api biru di kawah ijen yang sungguh sangat mempesona saat dipandang oleh mata. Baca selengkapnya tentang wisata apa saja di taman nasional baluran banyuwangi di link berikut ini.

Butuh transportasi minibus di kota malang? seperti mobil avanza, xenia, ertiga, innova, elf atau hiace? Silahkan datang ke tempat jasa penyewaan mobil di malang di MADAS TRANS yang memiliki armada lengkap untuk menemani perjalanan anda di malang. Info nomor telepon rental mobil malang MADAS TRANS yaitu di nomor AS 085855958388. Untuk info paket rental mobil harga murah di malang baca artikel berikut.

Untuk harga rental mobil avanza, xenia atau ertiga di malang hanya dipatok dengan tarif 375.000 untuk full day dan 350.000 untuk 12 jam. Tarif biaya rental mobil malang tersebut sudah termasuk sopir tapi diluar biaya BBM, parkir dan uang makan sopir. Untuk info fasilitas lain yang akan anda dapatkan saat menyewa mobil di malang baca detail info disini.

Jika menggunakan mobil innova maka tarif akan bertambah 100.000 rupiah jika dibandingkan dengan mobil avanza atau xenia. Harga rental mobil kijang innova di malang yaitu 475.000 per hari diluar BBM, parkir dan uang makan sopir. Pastinya mobil innova yang digunakan adalah jenis keluaran terbaru. Info lengkap tentang rental mobil innova di malang klik detail info.

Penyediaan jasa sewa mobil di kota surabaya sangatlah banyak karena kota surabaya merupakan kota besar di Indonesia dan merupakan kota terbesar yang ada di Jawa Timur. Penyedia jasa sewa mobil di surabaya saling bersaing antar yang satu dengan yang lainnya. Harganyapun terus bersaing dengan ketat. Untuk info harga standart sewa mobil di surabaya baca blog ini.

Travel Surabaya Malang said...

I just read your article and look attractive, a good article, Very useful information. Thanks

easybook travel surabaya bali said...

karapan sapi adalah salah satu warisan budaya dan berpotensi menjadi objek wisata dunia. Saya pernah liat karapan sapi secara langsung, memang seru banget, bahkan orang2 saling berteriak mengunggulkan jagoannya. Seru deh!

vimax said...


Terimakasih
Vimax
Obat Vimax
Vimax Canada
Vimax Asli
Vimax Asli Canada
Vimax Original
Distributor Vimax
Klg

Blog Manajemen Keuangan said...

pindah pekerjaan baru

VIA said...

Karapan Sapi merupakan salah satu warisan budaya yang harus dijaga dan dilestarikan, isinya sangat sarat dengan perjuangan.

Majalah Berita855 said...

This is a really informative knowledge, Thanks for posting this informative Information.
berita terkini
Portal Berita
Majalah Berita

BoSs said...

seru kalau nonton karapan sapi | Stafaband

kursus administrasi perkantoran said...

kursus administrasi perkantoran?
ya di sini tempatnya.

http://manajemenkeuangan.net/pelatihan-komputer-akuntansi/kursus-administrasi-perkantoran/

easybook said...

kini Anda bisa berkunjung ke madura menggunakan bus yang tiketnya bisa dipesan online di id.easybook.com

betwin303 said...

Betwin303 Agen Judi Bola Online Aman Dan Terpercaya

Taruhan Bola
Agen Bola
Judi Bola
Sbobet
Agen Sbobet
Judi Bola Online
Bola Online
Judi Online

Sewa Mobil Surabaya said...

Ini yang unik dan menarik. kerapan untuk harga diri. Kami selalu mengikuti dan menunggu artikel anda. sapinya harus latih terus tuh biar cepat larinya

indonesiamemancing.com said...

Memang, perlu diwariskan ke anak cucu salah satu budaya bangsa ini.

Related Post :